Blog

Mengapa Kantong Plastik Berbahaya?

By March 19, 2019 March 24th, 2019 No Comments
Mengapa Kantong Plastik Berbahaya | garudabag.com

MEMICU PERUBAHAN IKLIM

Dari Proses produksi, komsumsi, hingga pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim karena kondisi bumi semakin memanas. Sumber material kantong plastik yang terbuat dari minyak bumi, yang merupakan sumber daya alam tak terbarukan, mengakibatkan pencemaran lingkungan di negara-negara berkembang karena limbah pabriknya dibuang kesungai dan pembakaran gasa metana mengakibatkan emisi karbon ke udara.

MENCEMARI LINGKUNGAN

Kantong plastik merupakan barang sekali pakai dengan kegiatan pasca-komsumsi yang tidak bertanggung jawab.

kantong plastik yang dibuang sembarang bisa menyebabkan :

– tersumbatnya selokan dan badan air
– termakan oleh hewan
– rusaknya ekosistem di sungai dan laut

Karena sampah plastik (khususnya kantong plastik) tidak dikelola dengan bertanggung jawab, hal ini menyebabkan Indonesia “dituduh” sebagai penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia (Jambeck et al, 2015).

BERBAHAYA BAGI MANUSIA

Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia karena racun pada kantong plastik bisa berpindah ke makanan.

TERURAI SANGAT LAMA

Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian. Kantong plastik yang diklaim ramah lingkungan pun akan terurai lama dan tetap akan menjadi sampah. Terlebih lagi karena sifatnya yang cepat terurai menjadi mikro plastik, akan menjadi lebih muda untuk mencemari lingkungan.

Mau Hijrah Ke Goodie Bag Ramah Linkungan ?

admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply